Public Relations Tools

 

Public Relations Tools

Seorang praktisi Public Relations (PR) pada dasarnya membutuhkan alat-alat atau tools untuk membantu dalam melakukan pekerjaannya atau melaksanakan berbagai kegiatan strategis guna mencapai tujuan (goal) dari suatu organisasi atau perusahaan. Alat-alat (PR Tools) yang dimaksud adalah media yang membantu praktisi PR dalam melakukan kegiatan promosi.

Berikut ini merupakan jenis-jenis alat promosi yang biasanya digunakan oleh praktisi PR yaitu:

a.    Publisitas dan Media Relations

Setiap fungsi dan tugas Public Relations adalah menyebarluaskan informasi melalui berbagai media tentang aktivitas atau kegiatan perusahaan atau organisasi yang penting untuk diketahui oleh publik. Perusahaan sudah tentu membutuhkan dukungan media massa dalam menjalankan berbagai aktivitas tersebut untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan.

Strategi media berfokus pada sirkulasi pesan melalui saluran media untuk mengelola informasi tentang bagaimana suatu perusahaan digambarkan oleh media. Alat media yang dapat digunakan seperti press release, press conference, press tour dan sebagainya guna mendorong jurnalis untuk melaporkan pesan positif tentang perusahaan.

Dengan mengembangkan daftar kontak media yang baik dan membangun hubungan dengan para jurnalis, ini dapat membantu dalam mempromosikan bisnis perusahaan, mengelola risiko, masalah atau krisis yang mempengaruhi bisnis perusahaan.

b.    Advertorials

Advertorial adalah iklan dalam bentuk berita atau ulasan di surat kabar. Advertorial memungkinkan perusahaan mengkaitkan iklan perusahaan dengan kredibilitas surat kabar. Banyak perusahaan menggunakan profesional periklanan atau pemasaran untuk membantu dalam mengembangkan iklan TV, yang biasanya digunakan sebagai bentuk iklan dan penempatan produk. Ketika iklan membawa pesan yang berkaitan dengan perusahaan, maka saat itu iklan merupakan alat atau media humas.

c.     Social Media

Social media merupakan salah satu tools yang seringkali dimanfaatkan PR sebagai sarana penghubung dan komunikasi dua arah antara organisasi atau perusahaan dengan audiensnya. Melalui media sosial, sebuah perusahaan dapat menggambarkan identitas perusahaan dan melakukan kegiatan branding terhadap publik guna meningkatkan reputasi, brand awareness dan kredibilitas perusahaan.

Menggunakan situs jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, maupun Tik Tok memungkinkan PR untuk menanggapi kritik, meningkatkan eksposur brand serta mempromosikan produk baru pada audiens.

d.    Newsletters

Newsletter merupakan media informasi dan komunikasi internal sebuah lembaga, biasanya terdiri dari dua hingga delapan lembar kertas kwarto atau folio, tanpa cover seperti majalah atau buku. Isinya bervariasi mirip majalah, misalnya agenda dan berita kegiatan, artikel, feature, gambar, dan sebagainya. Newsletters adalah salah satu media yang baik untuk mempromosikan suatu perusahaan, berkomunikasi dengan pelanggan dan memberi informasi tentang produk dan layanan baru.

e.    Brosur dan Katalog

Seringkali dalam event yang diadakan perusahaan, PR membagikan brosur atau katalog pada para audiens. Brosur menjadi salah satu tools yang tidak kalah efektif untuk berbagi informasi dengan cepat pada khalayak.

Brosur yang dibagikan PR bertujuan untuk mendapatkan dukungan, donasi, pembelian dan lain-lain. Terlebih media ini memungkinkan audiens untuk membawa brosur tersebut dan membacanya dimanapun dan kapanpun. Brosur dapat berisi promosi penawaran produk beserta harga dan keunggulannya.

f.      Special Event

Salah satu alat promosi PR untuk mengenalkan produk atau program perusahaan adalah dengan menyelenggarakan acara atau event. Acara yang diselenggarakan dapat berupa seminar, pameran, kontes, kompetisi dan sebagainya. Melalui event, sebuah organisasi atau perusahaan dapat mendapatkan eksposur, menarik perhatian publik dengan mempromosikan produk atau layanan terbaru mereka pada masyarakat. Strategi ini dapat membangun kepercayaan pelanggan dan membantu PR dalam mengamati minat pasar.

g.    Sponsorship

Sponsorship memiliki efek positif bagi perusahaan, yakni mendukung mencari laba dan dapat membantu membangun citra baik perusahaan. Sponsorship merupakan bantuan berupa dana, barang ataupun layanan yang diberikan perusahaan sebagai imbalan dalam mempromosikan brand perusahaan. Sponsorship dapat membantu konsumen mengidentifikasi brand perusahaan dengan praktik bisnis yang baik dan etika yang baik

 

Referensi:

https://blog.kazee.id/alat-promosi-public-relations/

Comments

Popular posts from this blog

PERAN DIGITAL PR TOOLS BAGI PRAKTISI PUBLIC RELATIONS

Teknik Penulisan Press Release yang Benar