PERAN DIGITAL PR TOOLS BAGI PRAKTISI PUBLIC RELATIONS

 


Seiring perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi saat ini, dunia komunikasi dan juga Public Relations (PR) turut mengalami perkembangan. Public Relations kini juga sudah memasuki era digitalisasi, oleh sebab itu kita sering mendengar istilah Digital PR. Pada dasarnya Digital PR mengacu pada aktivitas yang direncanakan secara strategis menggunakan metode, tools dan juga saluran yang berbasis internet untuk mencapai kehadiran dan juga visibilitas online yang lebih besar.

Dengan adanya digital PR Tools ini, praktisi PR sangat dimudahkan untuk mendapatkan hasil kerja yang lebih efektif dan efisien. Beberapa digital PR Tools yang dapat digunakan untuk membantu praktisi PR dalam melaksanakan tugasnya diantaranya adalah:


1.    Email

Surat elektronik ini tergolong alat “klasik” dalam PR online. Email yang bisa digunakan:

§  Yahoo! Small Business

§  Google Apps for Business

§  Email Corporate, yakni menggunakan nama domain resmi perusahaan, seperti xxxxx@namaperusahaan.co.id

 

2.    Electronic Newsletter/Electronic Magazine

§  MS Offic Style

§  RSS Feedburner

§  Mail Chimp

 

3.    Online Press Release

Yaitu membuat dan menyebarkan rilis, baik melalui email, website, media sosial, maupun menggunakan layanan situs-situs khusus penyedia jasa layanan penyebaran rilis, seperti PR Web: “Drive traffic to your website and reach millions of potential customers.”

 

4.    Website

Corporate Website sebagai “Hub” atau pusat data dan informasi yang bisa disebarkan melalui jejaring sosial. Konten website harus dirancang/ditulis untuk dua jenis audience, yaitu human (manusia, user) dan search engines (mesin pencari).

 

5.    Blog

Blog merupakan salah satu situs terpopuler di dunia. Mesin pencari menyukai blog karena sifatnya yang fresh dan up-to-update. Praktisi PR dapat menggunakan blog untuk mendukung dan mendongkrak website perusahaan, juga mengasah keterampilan menulis dan mengasah kemampuan bahasa pemrograman (Javascript/HTM/CSS).

 

6.    Media Sosial

Praktisi PR saat ini mesti akrab dengan berbagai saluran komunikasi dan informasi. Media yang sedang “in” saat ini adalah media sosial, terutama Facebook, Twitter, dan Youtube. Media sosial sangat banyak, tapi tiga itulah yang paling populer di Indonesia.

 

7.    Google Alerts

Berlangganan berita yang diindeks Google dengan topik tertentu, yang bertujuan untuk “branding and media monitoring” sebagai bagian dari tugas praktisi PR.

 

8.    Google Trends

Memantau apa yang sedang hangat dicari dan diperbincangkan user internet. Google menampilkan top 5 kata kunci yang paling banyak dicari di mesin pencarinya.

 

9.    Corporate Blogging

Corporate Blogging atau disebut juga Business Blogging dan Content Marketing adalah tugas baru dari seorang praktisi PR dan bagian pemasaran di era digital. Corporate Blogging yaitu membuat tulisan (posting) untuk dimuat di website instansi, lembaga atau perusahaan. Kontennya berupa informasi aktual instansi/perusahaan, review produk/jasa, atau pengumuman penting bagi publik.


10.Corporate Journalism

Corporate Journalism (Jurnalistik Korporat/Perusahaan) atau Brand Journalism (Jurnalisme Merek) adalah strategi baru kehumasan dan pemasaran modern. Dengan mengkombinasikan skill jurnalisme dan brand, konsep ini menjadi trend diantara para pelaku usaha dalam memperkenalkan merek mereka. Corporate Journalism (jurnalistik perusahaan) disebut juga Brand Journalism yang dapat diartikan sebagai aktivitas atau aplikasi jurnalistik di sebuah perusahaan untuk komunikasi pemasaran (promosi) dan penjualan produk serta publikasi aktivitas perusahaan kepada publik.

 

Referensi:

https://katalisnet.com/humas-online-pengertian-tools-dan-tips/

 

Comments

Popular posts from this blog

Teknik Penulisan Press Release yang Benar

Public Relations Tools