PERAN DIGITAL PR TOOLS BAGI PRAKTISI PUBLIC RELATIONS
Seiring perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi saat ini, dunia komunikasi dan juga Public Relations (PR) turut mengalami perkembangan. Public Relations kini juga sudah memasuki era digitalisasi, oleh sebab itu kita sering mendengar istilah Digital PR. Pada dasarnya Digital PR mengacu pada aktivitas yang direncanakan secara strategis menggunakan metode, tools dan juga saluran yang berbasis internet untuk mencapai kehadiran dan juga visibilitas online yang lebih besar.
Dengan adanya digital PR Tools ini, praktisi PR sangat dimudahkan untuk mendapatkan hasil kerja yang lebih efektif dan efisien. Beberapa digital PR Tools yang dapat digunakan untuk membantu praktisi PR dalam melaksanakan tugasnya diantaranya adalah:
1.
Email
Surat elektronik ini tergolong alat
“klasik” dalam PR online. Email yang bisa digunakan:
§ Yahoo! Small Business
§ Google Apps for Business
§ Email Corporate, yakni menggunakan nama domain resmi
perusahaan, seperti xxxxx@namaperusahaan.co.id
2.
Electronic
Newsletter/Electronic Magazine
§
MS
Offic Style
§
RSS
Feedburner
§
Mail
Chimp
3.
Online
Press Release
Yaitu membuat dan menyebarkan rilis,
baik melalui email, website, media sosial, maupun menggunakan layanan
situs-situs khusus penyedia jasa layanan penyebaran rilis, seperti PR Web: “Drive
traffic to your website and reach millions of potential customers.”
4.
Website
Corporate Website sebagai “Hub” atau pusat data dan informasi yang bisa disebarkan melalui jejaring sosial. Konten website harus dirancang/ditulis untuk dua jenis audience, yaitu human (manusia, user) dan search engines (mesin pencari).
5.
Blog
Blog
merupakan salah satu situs terpopuler
di dunia. Mesin pencari menyukai blog karena sifatnya yang fresh dan
up-to-update. Praktisi PR dapat menggunakan blog untuk mendukung dan
mendongkrak website perusahaan, juga mengasah keterampilan menulis dan
mengasah kemampuan bahasa pemrograman (Javascript/HTM/CSS).
6.
Media
Sosial
Praktisi PR saat ini mesti akrab dengan berbagai saluran komunikasi dan informasi. Media
yang sedang “in” saat ini adalah media sosial, terutama Facebook, Twitter, dan
Youtube. Media sosial sangat banyak, tapi tiga itulah yang paling populer di
Indonesia.
7.
Google
Alerts
Berlangganan
berita yang diindeks Google dengan topik tertentu, yang bertujuan untuk
“branding and media monitoring” sebagai bagian dari tugas praktisi PR.
8.
Google
Trends
Memantau
apa yang sedang hangat dicari dan diperbincangkan user internet. Google menampilkan
top 5 kata kunci yang paling banyak dicari di mesin pencarinya.
9.
Corporate
Blogging
Corporate Blogging atau disebut juga Business Blogging dan Content Marketing adalah tugas baru dari seorang praktisi PR dan bagian pemasaran di era digital. Corporate Blogging yaitu membuat tulisan (posting) untuk dimuat di website instansi, lembaga atau perusahaan. Kontennya berupa informasi aktual instansi/perusahaan, review produk/jasa, atau pengumuman penting bagi publik.
10.Corporate Journalism
Corporate Journalism (Jurnalistik Korporat/Perusahaan) atau Brand
Journalism (Jurnalisme Merek) adalah strategi baru kehumasan dan pemasaran
modern. Dengan mengkombinasikan skill jurnalisme dan brand,
konsep ini menjadi trend diantara para pelaku usaha dalam memperkenalkan
merek mereka. Corporate Journalism (jurnalistik perusahaan) disebut juga
Brand Journalism yang dapat diartikan sebagai aktivitas atau aplikasi
jurnalistik di sebuah perusahaan untuk komunikasi pemasaran (promosi) dan
penjualan produk serta publikasi aktivitas perusahaan kepada publik.
Referensi:
https://katalisnet.com/humas-online-pengertian-tools-dan-tips/
Comments
Post a Comment