Teknik Penulisan Press Release yang Benar
Press release merupakan
suatu berita yang dikeluarkan oleh suatu organisasi/perusahaan dengan tujuan
tertentu melalui media massa yang dapat berupa salah satu dari basic press
release, product press release, atau financial press release.
Agar press release dapat memenuhi klasifikasi untuk diterbitkan pada media massa, kita perlu mengetahui cara penulisan press release yang baik dan benar. Berikut ini adalah teknik- teknik penulisan press release yang sederhana yaitu:
1. Mencari intisari (pesan dasar)
Sebelum memulai menyusun naskah press release, hal pertama yang wajib dilakukan adalah menentukan intisari dari informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat. Dengan kata lain, kita harus menentukan tema press release terlebih dahulu, kemudian dapat dilanjutkan dengan sub judul. Tema tersebut dapat dijadikan judul untuk press release. Penting untuk menggunakan judul yang unik sehingga pembaca tertarik untuk membacanya.
2. Gunakan metode piramida terbalik
Setelah menentukan tema, judul dan sub judul, maka tahap selanjutnya adalah teknik penulisan press release dengan metode piramida terbalik. Untuk penulisan artikel feature, kita dapat menggunakan metode piramida terbalik. Tak hanya sebatas artikel feature saja, beberapa jenis tulisan lainnya juga menggunakan metode ini seperti penulisan proposal kerjasama, penelitian dan lain sebagainya. Penggunaan metode piramida terbalik sangat penting untuk menciptkan tulisan yang sangat menarik dan berkualitas.
3. Menggunakan unsur 5W+1H
Dalam
menulis berita, unsur 5W+1H sangat bermanfaat dalam menyampaikan informasi
dengan tepat dan benar. Unsur 5W+1H merupakan patokan dasar dalam menyusun news
lead pada press release. Ini merupakan garis besar atas informasi
tersebut. Berikut unsur-unsur 5W+1H:
What
(Apa), informasi apa yang akan kamu sampaikan
When (Kapan), kapan kegiatan tersebut berlangsung
Who (Siapa), siapa yang mengadakan kegiatan tersebut
Where (Di Mana), dimana kegiatan tersebut dilaksanakan
Why (Kenapa), kenapa kegiatan tersebut dilaksanakan
How (Bagaimana), bagaimana detail kegiatan yang dilaksanakan
4. Menggunakan ilustrasi yang menarik
Penggunaan ilustrasi yang menarik pada press release bertujuan untuk meningkatkan rasa keingintahuan pembaca. Dengan menggunakan gambar ilustrasi yang menarik secara tidak langsung memberikan gambaran kepada pembaca mengenai isi press release. Selain itu, penggunaan foto yang memiliki nilai story telling juga dapat menambah kedalaman informasi.
5. Melakukan pengecekan ulang, konfirmasi dan pengiriman
Pengecekan ulang dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi typo (salah ketik). Penting untuk melakukan pengecekan pada seluruh bagian press release. Selain itu kita juga perlu mencantumkan contact person, dengan tujuan agar media dapat menghubungi bila terdapat beberapa hal yang ingin dikonfirmasikan.
https://highlight.id/panduan-teknik-cara-praktis-bagaimana-menulis-press-release-siaran-dimuat-media-massa-contoh/
Menulis press release yang menarik perhatian media memerlukan strategi matang. Dengan membuat judul yang kuat, menyajikan informasi relevan, menggunakan kutipan dari pihak berwenang, serta mengirimkan ke media yang tepat, peluang publikasi akan semakin besar.
ReplyDelete